Mencoba Teknologi Anti Tabrak All-New Mazda2

Bogor, KompasOtomotif – PT Mazda Motor Indonesia (MMI) memberikan kesempatan lebih luas kepada jurnalis otomotif untuk merasakan semua fitur dan teknologi yang dibenamkan pada All-New Mazda2. Sesi khusus diberikan dalam serangkaian test drive di Sirkuit Sentul, Bogor, (10/12/2014).

Salah satu fitur yang membuat KompasOtomotif tergelitik untuk mencobanya adalah Smart City Brake Support (SCBS). Fitur ini mencegah mobil menabrak objek yang ada di depan jika pengemudi lengah tidak menginjak rem.

SCBS aktif berkat near-infrared laser sensor di kaca depan. Alat ini akan membaca kondisi jalan di depan mobil, lalu dikirimkan ke ”otak” mobil untuk memberikan reaksi jika dibutuhkan. Sensor ini akan mengaktifkan rem secara otomatis jika sudah terlalu dekat dengan kendaraan di depannya.

Agak ngeri mencobanya, meski objek sebagai simulasi di depannya bukan mobil betulan. MMI menyiapkan papan bergambar mobil yang aman jika benar-benar ditabrak. ”Area ini adalah simulasi kondisi yang sering ditemui para pengendara khususnya saat driving di dalam kota,” ujar Bonar Pakpahan, Product Planning Expert MMI.

Menyundul
Kejadian tabrak dari belakang (sundul) karena pengemudi lengah sering terjadi. Biasanya hal ini terjadi karena pengemudi memainkan ponsel, atau sedang asyik berbicara dalam keadaan macet. Mobil tanpa terasa menyelonong dan akhirnya menyundul mobil di depannya.

Dengan SCBS, kejadian tabrak belakang tidak akan terjadi, dengan catatan, mobil masih dalam kecepatan minimal 4 kpj dan maksimal 30 kpj.

KompasOtomotif mencoba menyimulasikannya dengan tidak menginjak rem sama sekali saat ada objek di depan. Pedal gas dan rem dilepas, lalu membiarkan mobil berjalan dengan posisi tuas transmisi pada ”D”.

Setelah mendekati objek di depan dan hanya tersisa tak sampai 10 cm, All-New Mazda2 mengerem dengan sendirinya. Bahkan dari getarannya, sangat terasa ABS juga ikut aktif. Objek di depan pun tidak tertabrak.

Meski demikian, setelah berhenti, pengemudi wajib menginjak rem, karena setelah tiga detik mobil berhenti, mobil akan kembali berjalan.

Sumber: KOMPAS OTOMOTIF

WHAT'S ON

Mazda 3 Speed Hadir di…

Kami Hadirkan Mazda 3 Speed…

Buka Bersama Komunitas Mazda 2018

PT Eurokars Motor Indonesia Bekerja…

Mazda Lebaran Program 2018

Mazda mengadakan program Lebaran agar…

Grand Opening Mazda MT Haryono

PT Performance Auto Centre Sebagai…

Mazda Puri Perluas Jangkauan Dealer…

Dealer Mazda Puri merupakan dealer…

scroll up